WEB BLOG
this site the web

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Pemrograman Sistem

Perbedaan program sistem dengan program lainnya

Program sistem merupakan program yang membantu eksekusi (general user program) secara efektif pada sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan sistem komputer tersebut. Program sistem adalah program yang membantu eksekusi "general user program" secara efektif pada sistem komputer.
Effektifitasnya,meliputi :
-Penggunaan sistem komputer(pengaruh konfigurasi sistem komputer : main storage, auxiliaries, dsb)
-SDMdalam pengembanganprogram (pengaruh lingkungan komputasi : program development, data processing, real time application, dsb)

Sedangkan Program lainnya merupakan sekumpulan program yang dapat mendukung suatu sistem komputer. Misalnya seorang pemakai komputer (User) utuk mengerjakan suatu tugas, ia harus memakai program aplikasi untuk mengerjakannya.
contohnya: jika user ingin membuat suatu tulisan ia harus memakai sebuah program aplikasi misalkan Ms.Office atau Open Office.


Perbedaan pemrograman sistem dengan aktifitas pemrograman lainnya


Pemrograman sistem merupakan kegiatan merancang dan mengimplementasikan program sistem. Pemrograman sistem biasa menggunakan assembler atau bahasa C untuk memperoleh efisiensi terhadap program sistem yang dibuat. Seorang programmer diharuskan memiliki pengetahuan yang cukup tentang low level programming dan seluk beluk komputer. Pemrograman sistem erat kaitannnya dengan kernel programming dan device driver programming, dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pemrograman selain pemrograman sistem dapat menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti java, python, ruby, dsb.



Sistem Operasi untuk komputer dan Mobile


Sistem Operasi untuk komputer:


1. UNIX

Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi linux.

2. DOS

Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows - Run, lalu ketik cmd.

3. Novell Operating Sistem

Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa.

4. Microsoft Windows

Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, dan yang paling terbaru Windows 7.

5. Apple Machintos

System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.

6. Linux

Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain

7. Solaris

Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.

8. Free BSD

Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.


Sistem Operasi untuk handphone:

1. Symbian

Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9

2. Microsoft Windows Mobile

Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.

3. Palm OS

Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.

4. Android

Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies